PUNCAK MUSIM HUJAN TIBA…! ATASI KENDALA BUDIDAYA DENGAN SISTEM BOSTER

Posted by: | Posted on: Januari 26, 2016

 

Beberapa hal yang perlu diwaspadai pada saat musim hujan terkait dengan teknis budidaya antara lain :
• Tingkat kestabilan kualitas air kolam cenderung tidak stabil dan berfluktuasi serta pada kondisi ekstrim akan terjadi penurunan kualitas perairan secara drastis, akibat dari kegiatan fotosintesis phytoplankthon yang sangat tergantung oleh adanya sinar matahari, sedangkan pada musim hujan intensitas sinar matahari di dalam perairan kolam relatif minim sehingga kualitas air kolam cenderung tidak stabil.
• Sumber pemasukan air (inlet) tidak hanya dari sumber utama air baku tapi juga dari limpahan air hujan, Sifat air hujan yang kurang baik bagi kehidupan ikan adalah keasaman yang agak tinggi (pH rendah) yang bisa meningkatkan resiko tumbuhnya jamur dan bibit penyakit lain.
• Program pemberian pakan. Pada saat musim hujan, program pemberian pakan (terutama yang terkait dengan pakan harian) biasanya terganggu akibat dari penurunan laju metabolisme akibat dari stress lingkungan (menyebabkan penurunan nafsu makan)
Perlakuan teknis budidaya yang dapat diterapkan pada saat musim hujan antara lain :
• Pemupukan secara intensif….pada saat musim hujan pemberian unsur hara harus lebih intens dilakukan hal ini untuk menjaga kestabilan plankthon (phytoplankthon) dalam kolam. Hal yang perlu diingat adalah lebih baik memberikan secara rutin pemberian BOSTER MANSTAP yang dapat menyuplai unsur hara (makro & mikro mineral) dan bermanfaat juga untuk kestabilan pH air, serta perlakuan fermentasi / penebaran probiotik ( BOSTER AQUAENZYM/BOSTER SEL MULTI + BOSTER PLANKTOP) dilakukan utk menjaga agar tdk terjadi plankthon collaps.
• Sirkulasi air secara oplos (throughout) yaitu sirkulasi air yang dilakukan melalui cara buang & isi secara bersamaan. Metode sirkulasi air seperti ini diperlukan untuk menjaga kondisi perairan kolam agar tidak terjadi perbedaan yang menyolok antara air permukaan dan air dasar kolam, atau dapat juga buat saluran pembuangan atas sehingga air hujan dapat langsung terbuang lewat saluran tsb,,,,dan jangan lupa tebar BOSTER MANSTAP tiap kali habis hujan..!
• Monitoring secara ketat jadwal dan cara pemberian pakan terutama pada saat hujan,,,,serta berikan asupan Vit C dg BOSTER STRESS OFF dan Immunostimulant dg BOSTER FISH IMUNOVIT utk meningkatkan antibodi ikan.

Share




4 Comments to PUNCAK MUSIM HUJAN TIBA…! ATASI KENDALA BUDIDAYA DENGAN SISTEM BOSTER

  1. iwan berkata:

    PAgi pak sudarmaji, sehubungan dengan curah hujan yg tinggi , saya mau menanyakan .. Apakah ada treatment untuk air kolam tersebut JIKA terkena air hujan , DIMANA dalam hal ini saya masih melakukan persiapan air kolam dengan mengaplikasikan bahan fermentasi ( Dedak halus+BOSTER AMINO LIQUID +Planktop+Aqua Enzym) ? dengan ketinggian 30 cm . . Mohon pencerahannya

    • sudarmajiboster berkata:

      Salam kenal Pak Iwan,
      Utk masa persiapan tebar, setelah tebar fermentasi….Bapak dpt applikasikan BOSTER MANSTAP berfungsi meningkatkan kemampuan buffer pH air shg dpt menetralkan kondisi air hujan yg cenderung asam dan MANSTAP ini dpt mestabilkan dan meningkatkan kwalitas air tambak sehingga parameter kwalitas air tidak fluktuatif, mengandung unsur makro & mikro mineral shg menambah unsur hara tanah tambak/kolam.

  2. Iwan berkata:

    Salam kenal juga bpk, .dalam hal persiapan air kolam sebelum tebar benih ini dimana jk trkena curah hujan yg tinggi , yaitu dg pemberian boster manstap. Tang ingin saya ketahui
    1. Apakah pemberian boster manstap diberikan setiap kali terkena air hujan?
    2. Brapa gram ( untuk tiap kubiknya) untuk aplkasi bhn trsebut ?
    3. Dg curah hujan yg tinggi Apakah peng aplikasian boster manstap juga bs dibarengi dengan pemberian garam grosok? Dan apakah perlu disertai dg pengurangan air dan pemberianvair baru?
    Suwun bpk darmaji atas pencerahannya

  3. sudarmajiboster berkata:

    1. Hendaknya Bapak punya alat tes pH air, utk dpt digunakan utk pengukuran nilai pH air,
    2. Dosis aplikasi BOSTER MANSTAP 30 ppm atau 30 gr / M3 air
    3. tebar BOSTER MANSTAP+BOSTER PLANKTOP secara berkala yang berfungsi utk memenuhi unsur-unsur makro dan mikro mineral yang berfungsi untuk pertumbuhan phytoplankton yang optimal dan utk menjaga Alkalinitas air agar terjadi buffer pada perairan kolam.
    Selengkapnya ttg pH air Dapat di ikuti postingan sy ttg MANAJEMEN AIR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *