STRATIFIKASI SUHU KOLAM IKAN, PENGARUH & PROBLEM SOLVING

Posted by: | Posted on: Maret 3, 2016

Kisaran suhu air optimum berkisar antara 25° C – 32° C diperlukan agar pertumbuhan ikan pada perairan berlangsung normal. Kisaran suhu tersebut biasanya berlaku di negara tropis sehingga sangat menguntungkan untuk melakukan kegiatan budi daya ikan.

Suhu air sangat berpengaruh terhadap proses kimia, fisika dan biologi di dalam perairan, sehingga dengan perubahan suhu pada suatu perairan akan mengakibatkan berubahnya semua proses di dalam perairan.

SUHU AIR DIPENGARUHI OLEH :
– Radiasi cahaya matahari
– Suhu udara
– Cuaca
– Lokasi
SUHU AIR BERPENGARUH PADA :
– Nafsu makan ikan
– faktor pemicu outbreak penyakit infeksi
– Kadar ammonia dan DO ( oksigen terlarut ) serta pH air

Suhu air yang ideal bagi organisme air dan ikan yang dibudidayakan sebaiknya adalah tidak terjadi perbedaan suhu yang mencolok antara siang dan malam dan juga tidak ada stratifikasi suhu yang mencolok antara dasar kolam dan permukaan air.

Seringkali terjadi pada kolam budidaya lele saat terjadi cuaca yang ekstrem yaitu masuk musim hujan namun kadangkala saat siang cuaca panas terik dijumpai ikan lele banyak menggantung dipermukaan air, hal ini terjadi karena adanya stratifikasi suhu, juga tingkat oksidasi dasar kolam meningkat, seiring dengan akumulasi ekskresi ikan yang makin tinggi selain feces yaitu dari urin dan cairan tubuh ….DO drop karena O2 banyak digunakan untuk kegiatan oksidasi dan respirasi… baik oleh mikroorganisme maupun secara kimiawi spt proses nitrifikasi….
Problem Solving…..

  1. untuk atasi stratifikasi suhu dapat dilakukan pemutaran air, seperti ditambak udang pakai kincir,,,,kalau di kolam lele berikan kucuran air secara ‘throughout’ dengan debit sedang….
  2. suplai Oksigen dengan aplikasi BOSTER AERO2
  3. tingkatkan kemampuan buffer pH air dengan BOSTER MANSTAP
  4. kontrol pemberian pakan
  5. tingkatkan imunitas ikan dengan asupan BOSTER STRESS OFF + BOSTER FISH IMUNOVIT

Share




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *